Arab Saudi Umumkan Hari Raya Idul Fitri Akan Dilaksanakan pada Minggu

oleh -104 views

PORTALMETRO –  Hari raya umat Islam sedunia, Idul Fitri menandai akhir dari puasa pada bulan Ramadhan.

Dilansir media Perancis AFP, di Arab Saudi, hari raya itu akan dimulai pada Minggu (24/5/2020) berdasarkan laporan kerajaan Arab Saudi.

“Hari Sabtu merupakan hari terakhir dari bulan suci Ramadhan, Idul Fitri akan berlangsung pada Minggu,” ungkap pengadilan kerajaan dan Mahkamah Agung seperti dikutip oleh Kantor berita negara Arab Saudi.

Otoritas agama di Yerusalem, Mesir, Yordania, Suriah, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Libya dan Libanon juga mengumumkan Idul Fitri akan berlangsung pada Minggu.

Penentuan waktu Idul Fitri ditentukan oleh posisi bulan, berdasarkan penanggalan kalender umat Muslim, Hijriah.

Hari Raya Idul Fitri biasanya dirayakan dengan berkumpulnya keluarga. Namun, mayoritas negara-negara Muslim di dunia telah meminta warga mereka untuk membatasi pergerakan dan pertemuan langsung selama perayaan Idul Fitri di tengah pandemi virus corona.

Arab Saudi misalnya, pusat situs Islam telah memberlakukan perbatasan penuh kembali khusus selama Idul Fitri setelah sebelumnya mengangkat beberapa peraturan ketat atas wabah virus corona selama bulan Ramadhan.

Kerajaan Arab Saudi adalah yang paling terdampak di kawasan Teluk berdasarkan data yang diumumkan dengan kasus infeksi virus corona lebih dari 67.000 dan kematian sebanyak 364 orang.

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *