Pandemi Corona,Warga Pesona Bukit Batuah Balikpapan Kalimantan Timur Tetap Shalat Idul Fitri Berjamaah

oleh -158 views

PORTALMETRO.CO.ID,BALIKPAPAN – Pagi yang cerah, matahari muncul menebar sinarnya, menerangi bumi Pesona Bukit Batuah, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (24/5/2020).

Kondisi cuaca itu,mengiringi kegiatan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1414 H, berjamaah masyarakat yang bertempat tinggal di perumahan Jokowi Pesona Bukit Batuah Kota Balikpapan.

Kegiatan ibadah berjamaah sunnah itu, dilangsungkan di sebuah lapangan bertanah merah berukuran mini di kawasan blok V, Pesona Bukit Batuah.
Ritual Shalat Idul Fitri itu dilangsungkan sekitar pukul 07.00 Wita. Jumlah jamaah itu hanya sekitar 30 orang, antara lain pria dan wanita serta juga ada anak-anak.

Ismuhadi, imam Shalat Idul Fitri berjamaah yang dilaksankan di lapangan mini blok V Pesona Bukit Batuah, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (24/7/2020) pagi.
Dokumentasi Foto : Ismuhadi, imam Shalat Idul Fitri berjamaah yang dilaksankan di lapangan mini blok V Pesona Bukit Batuah, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (24/7/2020) pagi.

Mereka melaksanakan ibadah beralaskan terpal, juga tidak jauh dari lokasi tempat sholat, terdapat sebuah keran air yang disediakan untuk fungsi whudu dengan sumber air dari sebuah tandon ukuran 1200 liter.

Suara burung berkicau di alam liar Pesona Bukit Batuah terdengar, melengkapi keramaian  saat berlangsungnya Shalat Idul Fitri berjamaah.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri itu diakhiri dengan kutbah singkat, mengangkat tema Keimanan dan doa harapan pandemi Corona segera berakhir.

Kutbah itu disampaikan oleh sang imam Shalat Idul Fitri sendiri. Usai Shalat Idul Fitri, Ismuhadi, imam sholat, bersua dengan

Dia jelaskan,gelaran Shalat Idul Fitri di Pesona Bukit Batuah sifatnya ekslusif, hanya diikuti oleh warga sekitaran terdekat, tidak diperuntukan buat dari orang luar, mengingat Kota Balikpapan sedang masa pandemi Corona.

“Hanya warga disini saja, kami, kami saja. Disini warganya tidak ada yang ODP, PDP, apalagi sampai yang positif. Alhamdulilah sehat semua. Orang luar tidak ada,” ujarnya.

Sebab katanya, sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri, informasi kegiatan sholat berjamaah hanya disampaikan secara terbatas, sengaja tidak diumumkan sebar luas.

Tujuannya orang dari luar tidak bisa ikut bergabung, menjaga kewaspadaan di tengah situasi pandemi covid-19.

Tujuannya digelar Shalat Idul Fitri berjamaah tentu saja selain untuk mengikat tali silaturahmi, memupuk kebersamaan antar warga, juga ingin mendapat keberkahan.

“Kan ibadah berjamaah lebih bagus pahalanya. Lebih maksimal, lebih kuat, ibarat sapu lidi, kalau ada banyak semakin kuat,” tutur pria yang bertugas di Kodam VI Mulawarman ini.

Warga Pesona Bukit Batuah Balikpapan sudah menyadari jika Kota Balikpapan sedang mengalami pandemi Corona mesti patuh terhadap aturan social distancing.

“Kita sholat ya, tetap jaga jarak. Ikuti anjuran pemerintah,” tegas Ismuhadi.*****Int*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *