Sejumlah Masjid di Makassar Gelar Shalat Id,Banyak Jemaah Tak Pakai Masker

oleh -124 views

PORTALMETRO.CO.ID,Makassar — Sejumlah masjid di Makassar tetap menggelar shalat Idul Fitri, meskipun pemerintah telah mengimbau untuk salat di rumah. Warga yang salat di masjid pun banyak yang tak mengindahkan protokol kesehatan.

Dikutip detikcom, Minggu (24/5/2020), salah satu masjid yang menggelar salat Id yakni Masjid Babul Shalihin, Parang Tambung, Tamalate. Tampak, masjid dipenuhi warga yang salat berjemaah.

Jumlah jemaah yang melebihi daya tampung masjid membuat warga terpaksa salat hingga di jalan depan masjid.

Tampak beberapa jemaah yang tidak menggunakan masker. Selain itu, warga juga berdiri saling berdempetan dengan jemaah lainnya.

Selain warga Parang Tambung, ratusan warga Kelurahan Balang Baru, Tamalate, juga menggelar salat Id berjamaah di Masjid Amirul Mukminin di Jalan Abdul Kadir. Seperti di Masjid Babul Shalihin, jemaah memadati hingga jalan raya di depan masjid.

Salah satu jemaah Masjid Amirul Mukminin, Ridwan Lewang, mengatakan ia sengaja mengikuti salat Id berjamaah di masjid untuk merasakan suasana Lebaran. Terutama suasana berkumpul ramai-ramai bersama keluarga dan tetangganya di Hari Raya Lebaran, seperti tahun sebelumnya.

“Meskipun kita ditimpa musibah pandemi COVID-19, bukan halangan untuk merayakan lebaran, yang pasti harus tetap waspada dengan menggunakan masker dan menghindari kontak fisik dengan yang lain,” ujar Ridwan.

Selain itu, warga Kelurahan Parang Layang, Bontoala, juga menggelar salat Id di Masjid Ar-Rahman, di Jalan Yos Sudarso. Sebelum pelaksanaan salat Id, pengurus masjid mengimbau jemaah untuk menggunakan masker dan menjaga jarak agar tidak terinfeksi COVID-19.

Sebelumnya diberitakan, sehari sebelumnya, Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf mengecek penerapan protokol kesehatan di sejumlah masjid yang menggelar salat Id berjemaah. Yusran meminta pengurus masjid melakukan penyemprotan disinfektan di sekeliling masjid, tidak memasang karpet, dan para jemaah diwajibkan menggunakan masker agar terhindar COVID-19.

“Kami tegaskan, kami tetap mengimbau warga Makassar tetap melaksanakan salat Idul Fitri di rumah saja, namun untuk masjid yang tetap ingin melaksanakannya harus menjalankan protokol kesehatan saat ibadah dilaksanakan,” ujar Yusran dalam keterangannya pada wartawan, Sabtu (23/5/2020).

*****Int*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *