Hujan Tak Kunjung Berhenti, Manado Banjir Lagi 

oleh -79 views

MANADO,Portalmetro.co.id – Hujan masih mengguyur wilayah Manado dan sekitarnya. Air di beberapa  daerah di Kota Manado dilaporkan kembali naik.

Naiknya air di beberapa tempat ini banyak di laporkan warga lewat media sosial Facebook seperti di Melong Perkamil yang dilaporkan Ravitha. Pun dengan Winangun, Dendengan Dalam dan daerah lain yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Tondano juga banyak disampaikan warga.

Mereka meminta bantuan agar pihak-pihak terkait segera memberikan bantuan pertolongan terutama tim SAR Manado. Hal ini juga disampaikan warga Tingkulu Lingkungan 8, Jessica Sumilat dan Aufa di Dendengan Dalam.

“Air di Dendengan Dalam juga sudah naik terus. Kami sedang bersiap-siap mengemas lagi barang-barang,” kata Aufa Q, warga Manado di Kecamatan Paal Dua.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sam Ratulangi sendiri kembali mengingatkan bahaya banjir dan tanah longsor.

BMKG tak henti mengingatkan cuaca ekstrem provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tanggal 22 Januari 2021 pukul 16:45 Wita. Beberapa masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 16:45 wita di wilayah seluruh Manado, Bitung, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, dan Minahasa Tenggara.

Begitu dengan daerah Bolmong, Bolmong Utara, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

“Kondisi ini dapat meluas ke wilayah  Bolmong Timur bagian utara. Diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 19:45 Wita,” kata Prakirawan BMKG Sam Ratulangi, Astrid Yesica Lasut.

Sementara itu, Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben Arther Molle kembali berharap warga yang tinggal wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat untuk tetap berhati-hati dan tanggap terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

“Tetap waspada cuaca seperti ini  yang dapat menimbulkan terjadinya bencana. terutama di daerah-daerah yang rawan Banjir dan tanah longsor,” ucapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *